Pengantar Web Science 2

  Posting saya kali ini masih terkait dengan Web Science, sebelumnya saya sudah menulis tentang definisi web science itu, untuk lebih jelasnya anda bisa baca disini. Kali ini saya akan membahas lebih rinci tentang Web Simantik dan database On Web.

Perbandingan Web Simantik
Sebelum menbandingkannya, saya akan menjelaskan cara kerja dari web simantik itu sendiri. Web simantik adalah web cerdas yang apabila kita mengetik di pencarian dengan keyword “siapa presiden pertama indonesia ” maka hasil dari pencarian tersebut yang keluar adalah “Ir.Soekarno“. Berikut ini adalah web Simantik yang saya tahu :

1. Google Co-Op yang beralamatkan di http://www.google.com/coop/. Google Co-Op merupakan salah satu service yang disediakan Google dan mulai beroperasi sejak tahun 2006 dan merupakan fungsi search yang ditambahkan di search engine Google dengan penambahan fitur yang lebih luas dan diharapkan Google Co-Op dapat memberikan sesuatu yang tepat yang sedang dicari orang-orang.

2. Filecrop.com adalah web pencari data dalam bentuk jadi, langsung download dengan media 4share, mega, depositefile, mediafire, rapidshare dan turbobit.

3. Yahoo’s Food Site, Spivack’s Radar Networks, dan sebuah development platform, Jena, di Hewlett-Packard.

4. Second Life merupakan dunia virtual berbasis Internet. Mungkin di masa depan kita bisa hidup di dunia virtual itu yaitu di internet karena memang kehidupan di dalam Second Life meniru apa saja yang dilakukan oleh Anda dan yang ada di dunia nyata ini, dimana kita bisa berteman, melakukan aktivitas, berbicara dengan teman Anda, bertukar opini, bahkan berbisnis dan lain-lainnya yang ada di dunia ini.

5. SIOC ( http://sioc-project.org/ ) Adalah komunitas yang berusaha mewujudkan semantic website yang tengah berjuang membantu kita menciptakan web cerdas yang mana kelak pencarian info di internet menjadi jauh – jauh sangat mudah.

Saya akan membandingkan kelebihan dan kekurangan dari web science ini, Untuk lebih jelas tentang perbedaan dari masing masing web science saya akan memberikan garis tebal (Bolt) untuk memperjelasnya.
1. Mesin Pencari Google
nama Google muncul akibat kesalahan eja dari kata Googol, yang berarti angka satu yang diikuti 100 angka nol. Ini menunjukkan ambisi kedua pendiri, Larry Page dan Sergey Brin, untuk mengelola sebanyak mungkin informasi di dunia. Layanan mesin pencari ini terkenal dengan tampilan halaman putih dengan tulisan logo berwarna-warni. Google memiliki layanan pencarian kata kunci audio, gambar, video, peta, berita, dan instant search. Perusahaan ini juga mengembangkan Fitur Knowledge Graph, yang berupa kotak pada sisi kanan laman pencarian.

1

2. Mesin Pencari Filecrop
tampilan filecrop yang simple mirip seperti google namun High tecno adalah kesan pertama yang akan dilihat ketika membuka web tersebut. filecrop mencari data berupa data “simpanan” atau file yang secara langsung terkoneksi oleh 6 web download ternama yaitu 4share, mega, depositefile, mediafire, rapidshare dan turbobit. jadi, di dalam web ini kita bisa lebih mudah mencari data yang diinginkan tanpa harus membaca artikel yang panjang lebar.
Untitled

3. Mesin Pencari Bing
Berbeda dengan Google yang serba putih, layanan mesin pencari milik Microsoft ini selalu memasang latar belakang foto alam yang menakjubkan. Diluncurkan empat tahun lalu, layanan ini sempat berubah nama tiga kali, dari Live Search, Windows Live Search, hingga MSN Search.

Kecepatan akses dan loading memang menjadi kelebihan khusus yang dimiliki oleh Bing, bahkan untuk konten file video sekalipun. Microsoft selaku pengembang situs ini lantas menghadirkan Fitur Smart Video Preview menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu tidak lebih dari 30 detik untuk dapat mem-preview sebuah tanyangan melalui Bing Videos. Kecepatan sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos mampu memutar sebuah tayangan video dalam sekejap hanya dengan mengarahkan kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.
2

4. Mesin Pencari Yahoo!
Yahoo! sempat menjadi raja situs pencarian lewat tampilan direktori saat diluncurkan pada 1995. Didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo, yahoo unggul dalam informasi berupa berita, info terkini, dan yahoo adalah situs pertama. Pada 2009, setelah tersalip Google, Yahoo! menjalin kerja sama dengan Bing sebagai mesin pencari. Mulai Februari tahun ini, manajemen Yahoo! merombak mesin pencarinya dan mengembangkan Fitur Interest Graph Search, yang muncul pertama kali dalam bentuk berbeda, yaitu fitur newsfeed di laman utama.

3

Google
Kelebihan (+)
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

Kekurangan (-)
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

File crop

Kelebihan (+)
1. File crop baik dalam mencari file (word, ppt, exe, dll)
2. mencari file berupa video juga bisa
3. auto download

Kekurangan (-)
1. hanya mencari file download saja

Bing
Kelebihan (+)
1. bing cepat dalam urusan video bahkan jika kualitas gambar HD sekalipun.

Kelemahan(-)
1. Bing banyak ads yang tidak enak dilihat.

Yahoo
Kelebihan (+)
1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang komplit.
4. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

Kekurangan (-)
1. loadingnya membutuhkan waktu yang lama

Sekarang perbandingan yang lainnya dari keduanya adalah :
1. Search engine : lebih baik google. Karena lebih cepat dan meta katanya lebih lengkap. Sehingga kalau kita salah ketik masih bisa ketemu.
2. Mail : lebih bagus yahoo. Karena kotak masuknya unlimited alias tidak terbatas sehingga berapapun email yang masuk tidak akan terhapus.
3. Messenger : lebih baik yahoo. Kalau di indonesia mungkin jika 100 orang menggunakan messenger maka 85 orang menggunakan yahoo.
4. Popularitas : lebih bagus google. Fiturnya lengkap dan paling populer adalah google search.
5. Kualitas : lebih bagus google. Karena halamannya simple dan bandwithnya kecil. Mungkin google search perlu waktu 1 detik mencari kalau yahoo 1,5 detik.
6. Fitur : lebih banyak yahoo! Di yahoo yang disenangi adalah yahoo answers yang tidak dimiliki google. Ada juga yahoo avatar dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s