Tugas Pengantar Web Science

        Tugas kali ini yaitu tentang Web Science, apa itu Web Science ? sebelum masuk ke definisi Web Science saya akan mengulas sekilas tentang web terlebih dahulu.
imagesWEB adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses diseluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain & World Wide Web( WWW )adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebutUniform Resource Identifier (URI)“Singkatnya web itu adalah halaman informasi (Teks, Gambar, Suara) yang disediakan dengan internet yang terhubung ke seluruh negara (dunia)& WWW adalah bagian dari web yang berfungsi sebagai alamat dari web tersebut. Ex : WWW.GOOGLE.COMimag11es

Kemudian, Bagaimana sih SEJARAH WEB ?? Penemu situs web adalah Sir Timothy “Tim” Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancanf situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti ditempat ia bekerja. pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
 
Web ada tiga macam : web 1.0, web 2.0 & web 3.0, Perbedaan utama dari setiap generasi adalah pada Web 1.0 masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.

Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.

Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.

Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP(bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).

Web 1.0 merupakan teknologi web yang pertama, dikembangkan sebagai pengaksesan informasi serta memiliki sifat yang sedikit interaktif dibanding dengan versi selanjutnya, jadi secara garis besar, web 1.0 hanyalah bersifat read. Kita sebagai pengguna internet hanya bisa membaca apa yang ada di dalam website tersebut.

Web 2.0 muncul yang merupakan revolusi bisnis di industri yang disebabkan penggunaan internet sebagai platform dan merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru. Secara garis besar, web 2.0 bersifat read-write. Jadi, pada era web 2.0 ini pengguna internet terutama pada website tidak terpaku hanya ingin menulis untuk orang lain atas namanya sendiri, tetapi digunakan untuk saling berbagi ilmu atau yang lainnya sehingga dapat terbentuk suatu komunitas secara online dan tidak bersifat indivudual.

Web 3.0 adalah revolusi web pada saat ini, atau disebut juga sebagai semantic web, dimana hubungan dunia TI dan telekomunikasi sangatlah dekat. Web 3.0 juga membutuhkan kecepatan internet yang memadai dan spesifikasi komputer yang lebih baik karena kebutuhan akan grafis atau tampilan yang ada pada web 3.0, yaitu visual yang berbasis 3D. web 3.0 ini masih dalam pengembangan, dan saat ini dikembangkan oleh secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community. Dan web 3.0 ini tidak hanya diekspresikan di dalam bahasa alami yang tidak dimengerti manusia, tetapi juga dalam bentuk yang dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh software agents (perangkat lunak). Jadi, tujuan utama aweb 3.0 ini adalah perangkat lunak akan mampu mencari, membagi dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah. Pembuatan web 3.0 ini dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinas oleh W3C (World Wide Web Consortium). Dan standar yang paling penting untuk web 3.0 adalah XML, XML Schema, RDF OWL dan SPARQL.
2
Lalu, Bagaimana JENIS-JENIS WEB yang ada? dari pendefinisian terhadap jenis-jenis Web, kita bisa tahu Web itu tergolong dari kategori mana. berikut ini adalah Jenis Web :

a. Website Statis
Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual.

b. Website Dinamis

Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Struktur berkas sebuah situs web dinamis umumnya berbeda dengan situs web statis, berkas-berkas pada situs web statis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk sebuah situs web. Berbeda halnya dengan situs web dinamis, berkas-berkas pada situs web dinamis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk perangkat lunak aplikasi web yang akan dijalankan oleh mesin penerjemah server web, berfungsi memanajemen pembuatan halaman web saat halaman tersebut diminta oleh pengguna.

c. Website Interaktif

Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak melenceng dari alur pembicaraan.
5

Dan yang terpenting apasih PEMANFAATAN SITUS WEB itu ?

1. Menyebarkan ide/gagasan
2. Meningkatkan gengsi dan wibawa
3. menjalin hubungan/jaringan yang sangat luas tanpa dibatasi jarak
4. Sebagai media promosi tanpa dibatasi waktu, karena website bekerja 24 jam nonstop mempresentasikan usaha Anda
5. Sebagai Company Profile, bagi perusahaan, lembaga, yayasan, instansi, dan sebagainya
6. Etalase produk (Toko Online) dan sumber informasi
7. Untuk berbisnis dan lain-lain.

nah, sekarang baru bisa kita mulai tentang Web Science. Apa sih Web Sccience itu ?

Web Science yang bisa dikatakan merupakan ilmu yang mempelajari tentang web & sistem informasi, peranan web itu sendiri merupakan faktor utama dari cabang ilmu ini .
4

Jadi, dari penjelasan diatas kita sudah tahu bahwa WEB SCIENCE hampir 80% faktor utama dari WEB SCIENCE itu sendiri. Dengan definisi tersebut kita masih belum cukup untuk tahu apa arti sesungguhnya dari Web Science. Untuk menambah pengetahuan kita tentang web science saya akan memberikan Jenis dari Web Science, Sebagai berikut :

1. Computer Science
Merupakan Desentralisasi dari informasi atau pengetahuan tentang komputer serta sistem dari jaringan sematik, proses kalkulus,dll.

2. Mathematics

Merupakan penjelasan dari teori grafik network (gambaran jaringan) serta teori statistik game.

3. Web Engineering

Merupakan protokol pengamanan dari akses arsitektur.

4. Artificial Intelligence

Merupakan pengetahuan atau ilmu yang merepresentasikan suatu bahasa.

5. Economics

Merupakan teori market dai segi makro dan mikro dalam tipe atau model ekonomi kapital.

6. Law

Merupakan properti intellectual atau merupakan perangkat (driver) regular dari publik dan bertugas melawan yang berbeda jalan dalam arti kata menyimpang dari peraturan.

7. Media

Merupakan fragmentasi dari sarana publik dan sarana mendiskusikan suatu isu moral serta beberapa opini/pemikiran yang muncul.

8. Socio-Cultural

Merupakan nilai, sikap dan gaya hidup serta trend yang cepat yang bersifat open source (bebas).

9. Psychology

Merupakan gaya atau perilaku sosial dalam bentuk properti kognitif serta metode pemikiran / proses pengolahan informasi yang bersifat eksperimental.

10. Biology

Merupakan evolusi atau perubahan sistem biologi(alami) yang berangsur secara dinamis.

11. Ecology

Merupakan struktur dari ekosistem-ekosistem dengan populasi yang produktif serta dinamis.

Sebenarnya masih banyak lagi cabang jenis dari Web Science, tidak mungkin saya menjelaskan semua nya. untuk itu saya akan memberikan gambar dari Jenis Web Science

nigel-shadbolt-web-science-cluster-diagram

Untuk memperjelas tentang Web Science saya akan membahas salah satu dari jenis Web Science yaitu Web Simantic.
Semantic web atau web semantik merupakan salah satu perkembangan pada aplikasi web. Menurut bahasa, web semantik mempunyai arti web yang memiliki makna. Dengan kata lain, web semantik merupakan suatu aplikasi web yang mempunyai knowledge base tertentu sehingga bisa dikatakan web semantik mempunyai sifat lebih pintar dari web sebelumnya.

Web simantik itu terdapat pada Computer Science (pada tulisan diatas). Web semantic atau semantik web dicetuskan pertama kali oleh Tim Berners-Lee pada tahun 2001. Web semantik sering disebut sebagai web versi 3.0. ( HTML + )

12

Saya akan menjelaskan juga tentang HTML. pada tahun 1980 IBM menciptakan konsep untuk menempatkan elemen yang menandai bagian suatu dokumen seperti judul, alamat, dan isi dokumen.

Bahasa pemograman untuk melakukan sebuah tugas tersebuat markup language atau lebih jelasnya IBM menamai program itu dengan sebutan Generalized Markup language(GML). Konsep ini pada tahun 1986 disetujui oleh ISO(International Standart Organitation) sebagai standart bagi pembuatan dokumen-dokumen dengan keluarnya ISO 8879. ISO menamai GML ini menjadi SGML(Standart Generalized Markup Language).

t


HTML versi 1.0

Tim Berners-Lee membuat versi pertama HTML yang kemudian terus dikembangkan di awal tahun 90 an.Salah satu kelebihan HTML temuan Berners Lee adalah adanya hyperlink. Hyperlink ini membuat dokumen bisa saling terhubung via internet. HTML versi 1.0 kemampuan yang dimilikinya yaitu menampilkan heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal, dan miring pada suatu teks. Versi ini mendukung peletakan gambar pada dokumen tanpa memperbolehkan menempatkan tes di sekelilingnya (wrapping).

index

HTML versi 2.0

Di versi ini, penambahan kualitas TML terletak pada kemampuan untuk menampilkan sebuah form pada dokumen. Dengan adanya form ini maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. (RFC 1866) disetujui sebagai standar 22 09 1995,

w
HTML versi 3.0

HTML versi 3.0 (14 Januari 1996) menambahkan beberapa fasilitas baru sebagai contoh tabel. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2.
wq

HTMLversi 4.0

HTML versi 4.0 (18 Desember 1997) memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari versi sebelumnya. Perubahan ini terjadi di hampirsegala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain-lain.

Kemudian lahir HTML versi 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML 4.01 menjadi standart pada tahun 1999. HTML 4.01 merupakan perbaikan dari HTML versi 4.0 yang terlebih dahulu diterbitkan (18 Desember 1997). HTML versi HTML 4.01 masih standart resmi sampai sekarang ini .

qwe

HTML 5

HTML 5 merupakan perkembangan html generasi saat ini dan merupakan generasi terakhir dan mungkin akan berkembang lagi mengikuti perkembangan jaman. Beberapa fitur baru di HTML 5 seperti berikut:

– Unsur kanvas untuk menggambar.
– Video dan elemen audio untuk media pemutara.
– Element baru, seperti artikel, footer, header, dan navigasi.
– Dukungan lebih baik untuk penyimpanan offline local.
– Kontrol bentuk baru, seperti kalender, tanggal, waktu, email, URL, dan Search.
– Saat ini HTML 5 belum menjadi standart resmi dan masih jarang ada browser memiliki fitur penuh terhadap HTML 5. HTML 5 akan mungkin menjadi standart baru untuk HTML dan XHTML.

Refrensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/HTML
http://wahyudisetiawan.wordpress.com/TugasWeb/Pengertiansemantic web _ wahyudi setiawan.htm
-http://ardhastres.blogspot.com/2013/03/perkembangan-html.html
http://ilmuweb.net/semantic-web/web-semantik/
-http://safemode.web.id/artikel/teknologi/pengertian-web-science
http://www.harukaweb.co.cc/2010/02/web-science-apa-seh-yang-terlintas-di.html
– Buku Lapkom gunadarma

3 thoughts on “Tugas Pengantar Web Science

  1. Ping-balik: Pengantar Web Science 2 | Firman hendrad

  2. Ping-balik: Firman hendrad

  3. Ping-balik: Pengantar Web SWcience 2 | Firman hendrad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s