Pengenalan Internet & New Media

1. Internet

images

      Akhirnya ada waktu untuk nulis di blog lagi setelah Tugas  kampus yang lumayan numpuk nih. Hehehe.. kali ini saya akan membahas tentang Pengenalan internet. Saya dapat refrensi dari  buku sekolah saya nih, buku  Pengantar Internet Lepkom Gunadarma. Disini saya tidak akan mungkin mengetik semua yang ada  di buku kampus saya, kenapa ? karena itu sama aja kaya mencuri Hak Paten, saya hanya akan menjelaskan dengan bahasa saya supaya lebih asik.Ok langsung aja, Apa sih Internet itu ? kalo menurut saya sih definisi khusus tentang internet itu tidak ada karena internet itu hanya sebuah istilah yang dipakai oleh kita (para penggunanya). Saya ambil contoh tentang dunia maya, e-world, Cyber dan Sebagainya, ini semua hanya istilah. Tapi buat kamu yang masih penasaran Definisi internet secara umum juga dikatakan seperti ini Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringankomputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. (Sumber : Wikipedia)

1.1. Sejarah Internet

Ada yang tahu bagaimana si sejarah internet itu ? kapan dimulainya ? dan siapa yang membuat internet itu ? Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Ada 4 universitas di amerika diantara nya UCLA, Stanford, UC Santa Barbara dan Universitas of Utah yang berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi universitas berbeda tersebut. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Lalu Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Lalu siapa penemu internet itu ? jawabanya adalah Bapak Leonard Kleinrock, beliau adalah bapak internet alias penemu pertama internet.

download

Baca Biografi Sir Leonard Kleinrock

Pasti sebagian dari kalian bingung Kenapa sih computer 1 dengan computer lain bisa terhubung & bagaimana sih cara penghubungan nya itu. 2 komputer atau lebih bias terhubung karena adanya protokol. Apa sih protokol itu ? TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) jika diterjemahkan adalah Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju (Sumber : wikipedia.) cara penghubungan 2 komputer atau lebih sama hal nya dengan tata cara pengalamatan nomor telepon, dimana setiap telepon mempunyai nomor yang unik yaitu berbeda dengan yang lainnya. Computer terhubung dengan konsep dari protokol TCP/IP yang dikenal dengan IP address tapi untuk saat ini, ada konsep-konsep yang memungkinkan satu IP dipakai lebih dari satu komputer. Untuk dapat terkoneksi dengan internet kita perlu terhubung dengan Host atau lembaga jaringan yang telah terkoneksi dengan jarinagan internet. Dengan kata lain kita membutuhkan internet gateway.

images (6)

1.2. Internet service provider

Lalu, siapa yang menyediakan Jasa Internet tersebut ??

Jawabannya Internet service provider disingkat ISPadalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Baca selengkapnya Artikel ini & Baca definisi Bandwidth di blog saya

1.3. Teknologi Koneksi internet

apa saja Teknologi Koneksi internet ?

Teknologi Koneksi internet itu Berdasarkan data sumber yang saya baca, teknologi koneksi terbagi menjadi 3 : 1. Hotspot 2. GPRS dan 3. WAP (Baca selengkapnya)

1.4. Domain Di Setiap Negara

Apa setiap negara punya Nama Domainnya masing – masing ?

Ya, Punya contohnya indonesia .co.id dan masih banyak yang lain (baca selengkapnya)

1.5. Istilah dan Singkatan Di Internet 

Apasaja Singkatan, julukan dan Istilah yang sering di pakai di Internet?

1. ASCII – American Standard Code for Information Interchange.

2. Blog – Layanan di web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya diupdate setiap hari. Blog biasanya digunakan secara cuma-Cuma.

3. BITNET : Secara teknis, BITNET merupakan jaringan point-to-point “menyimpan dan meneruskan” (baca selengkap nya )

1.6. cara mencari Informasi di internet

Bagaimana sih cara mencari Informasi di internet ??

Tips dari saya, jika kamu ingin menemukan informasi melalui internet lebih baik mencari di forum yang terpercaya. Kalau kamu masih ingin tetap mencari dengan google cobalah kamu mencari dengan petik dua (Baca selengkapnya)

2. New Media

PHTO0005.JPG

Kali ini saya mau berbagi ilmu tentang New Media dan sekaligus menyelesaikan tugas Softskill saya. Kalau kata pepatah “1 kali dayung 2 sampai 3 pulau terlampaui.“ hhehe

2.1. Pengenalan New Media

Apasih New Media itu ? saya mencari di google, wikipedia dan blog lain selalu saja menemukan “ New media adalah Perantara Baru “ Tapi setalah saya baca artikel – artikel lain ( sampai mata saya sakit hehehe ) akhirnya saya tau bahwa new media adalah Sebuah Istilah tentang Zaman atau Era Baru, yaitu Era Digital. (Correct Me If I Wrong) Tentang kata “New media adalah Perantara Baru” itu adalah benar tapi saya memperjelas bahwa perantaranya itu melalui media Digital.

2.2. Latar Belakang

Ketika informasi menjadi salah satu unsur konstitutif dalam suatu masyarakat, maka masyarakat mulai “mau tidak mau” membuka diri pada media massa dan komunikasi global. Perputaran produksi, konsumsi dan distribusi informasi semakin cepat dialami dan dimiliki oleh sistem masyarakat baru yang global dengan didukung oleh kekuatan dan ekspansi ekonomi, jaringan sistem informasi global serta terakhir disokong oleh teknologi.

Istilah New Media sendiri baru muncul pada akhir abad 20 yang dipakai untuk menyebut sebuah media baru yang menggabungkan media-media konvensional dengan Internet. Mengapa Internet? Itu karena New Media memegang kemungkinan akses on-demmand untuk semua content kapan pun kita mau. Perbedaan New Media dengan Media konvensional Sebenarnya bukan dilihat dari digitalisasi konten media ke bit, akan tetapi kehidupan yang dinamis dari isi New Media itu sendiri dan hubungan interaktif dengan konsumen media. Kehidupan yang dinamis ini bergerak, bernapas dan mengalir kegembiraan secara real time. Dan satu lagi, New Media menjanjikan hal penting lainnya yaitu “demokratisasi” tentang penciptaan, penerbitan, distribusi dan konsumsi isi media.

Persepsi pertama teknologi setidaknya mempunyai aspek yang saling berhubungan, yaitu aspek teknis (mencakup pengetahun, kemampuan teknis, pola kerja berikut seluruh aktivitasnya), aspek organisasional (mencakup aktivitas ekonomi dan industri, aktivitas profesional, pemakai dan konsumen; di mana teknologi dilihat sebagai satu sistem dinamis), dan aspek kultural (mencakup tujuan teknologi, nilai – kode etik dan kreativitas), (Pacey, 1983).

Persepsi kedua yang mungkin harus dilihat lebih jauh adalah posisi teknologi dalam kebudayaan manusia. Ketika teknologi dilihat sebagai suatu keseluruhan baik aspek nilai, organisasi dan objek material maka dapat dikatakan teknologi adalah kebudayaan -atau bisa dikatakan lagi- kebudayaan adalah teknologi. Namun di lain pihak, kita juga dapat mengatakan bahwa teknologi merupakan salah satu bagian dari kebudayaan.

Menurut Iriantara (2007), ada beberapa alasan mengapa media baru ini muncul , yaitu:

a. Konvergensi media, adalah adanya integrasi dari media yang sebelumnya ada. Pertemuan antara media cetak dengan komputer dan jaringan internet membuat kita mengenal apa yang dinamakan dengan media on-line.

b. Interaktivitas, adalah sifat komunikasi dua arah yang bisa dikendalikan oleh pengguna. Misalnya, khalayak bisa memilih apa yang hendak dicarinya hanya dengan meng-klik mousekomputernya, seseorang bisa berinteraksi dengan orang lain melalui mailing list dan khalayak bisa memberi komentar terhadap informasi yang disajikan, seketika setelah dia membaca atau melihat informasi tersebut.

c. Perubahan perilaku, yang menunjukkan ada perubahan pada pihak khalayak yang disebabkan karena adanya unsur interaktif diantara penggunanya. Perubahan perilaku ini, merupakan tuntutan teknologi yang dipergunakan oleh media baru tersebut yang menuntut khalayak untuk lebih aktif.

2.3. Contoh New Media

New Media sering kita jumpai sehari – hari malah tiap kali kita sedang online facebook, twitter, instagram dll. Tapi kita sering tidak sadar bahwa jejaring social tersebut adalah New media. Berikut ini adalah New Media yang biasa kita temukan :

download (1)

-Pendidikan

Google.com & Wikipedia.com e-learning

images (2)

-Bidang Bisnis

Toko Bagus, berniaga.com

images (1)

-Jejaring Sosial

facebook, Twitter, Instagram, Path

download (2)

 Informasi(berita)

kompas.com,detikcom

images (3)

– Pekerjaan

jobsdb

New media sangat erat hubungannya dengan Internet. Tanpa adanya internet New Media tidak akan muncul dan New Media itu sendiri tercipta dari interaksi antara masyarakat dengan computer dan internet dan saat ini peimplementsian new media sudah semakin banyak dan semakin kompleks bahkan semakin berkembang kegunaanya dari sekedar member informasi sampai bersosialisasi dan bahkan sebagai media hiburan, pelepas kejenuhan & hal positif lainnya.

2.4. Kelebihan dan Kekurangan New Media

New Media Memiliki kelebihan dan kekurangan. (jujur Dulu saya adalah pengguna aktif facebook dan twitter jadi saya langsung merakan dampak positif dan negative nya)

Saya akan bahas dari kekurangan dulu.

1. Minat belajar berkurang

2. Membuat kita jadi boros (pulsa khususnya)

3. Hampir menghabiskan seluruh waktu untuk online

4. Jadi kurus (kalo udah asik nge-game gak akan inget waktu)

5. Waktu untuk bergaul di luar berkurang ( Di depan Laptop terus )

6. Dan tindak criminal atau penipuan sering terjadi di bisnis online.

Rata – rata kekurangan dari new media adalah menyita waktu kita tapi jika kita bisa memanfaatkan waktu kita untuk hal yang baik mungkin kekurangan ini bisa di minimalisir.

Lalu, Kelebihan dari New Media

1. Untuk kamu yang “kaku” saat interaksi langsung New Media adalah solusinya

2. Kita bisa akrab dengan teman yang tidak akrab waktu di sekolah dengan nge-chat atau mention.

3. Kalau lupa PR atau Tugas bisa nanya lewat New Media

4. Informasi baru mudah didapat

5. Kalo Galau tinggal Update Status (curhat lewat status) gak perlu Narkoba, ganja dan negative lainnya

6. Jika ingin membeli barang bisa lebih mudah.

7. jika ada teman jauh atau saudara jauh bisa chating melalui New Media.

New media & anak muda itu tidak bisa di pisahkan layaknya seperti Internet & New Media. Kita bisa samakan dengan “ Internet tanpa New Media itu Kosong = sepi ” dan “ New Media tanpa Internet itu Gosong = masakan gagal “

Jadi, Untuk kita generasi muda jangan menggunakan New Media untuk membuang waktu saja, Gunakan juga untuk kegiatan Positif lainnya.

2.5. Simpulan Dan Saran Mengenai Internet dan New Media 

Simpulan :

Saya Menyimpulkan Bahwa Internet & New Media adalah 1 paket yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya. Paket ini adalah paket positif yang menyalurkan bakat menulis anda secara “bebas” dan gratis. Arena ekspresi dan luapan rasa kedirian serta kemauan dan kemampuan menulis/ berpose sepuas- semaunya.

Saran :

Saya menyarankan agar, anda bisa memanfaatkan fasilitas jejaring sosial yang ada dengan sebaik-baiknya, Memanfaatkan New media dan Internet ke hal-hal Porsitif dan tetaplah maju dan terus menulis untuk kepuasan batin dan mengasah kepekaan bahasa dalam situasi yang berbeda-beda. Maka dengan demikian kita telah membangun dunia sastra kita sendiri yang lebih independet. Jangan tergantung pada penilaian-penilain yang tidak bisa kita jamin kemampuannya dalam menilai sebuah karya. Demikian makalah ini saya susun, saya mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman sekalian demi kesempurnaan makalah ini.

(Sumber : Buku Lapkom gunadarma).

Sumber Lainya :

id.wikipedia.org/wiki/Internet

http://jhens-fernando.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-new-media.html

bleedcorpse.wordpress.com/2010/11/03/new-media/‎

id.wikipedia.org/wiki/New_media

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s