Statistika 1 Pendahuluan 1.2 Statistika Deskriptif dan Statistika Infersial

Disini saya bukan mau pamer atau mau mengajarkan agan-sister yang lagi mencari apa sih definisi dari statistik atau statistika. Saya juga masih kuliah dan masih tingkat 3 jadi belum saatnya buat ngajarin kalian mengenai statistika. Saya mengambil ilmu statistik dari buku yang saya baca karya Bpk Bambang kustituanto dan sebagai Cerminan saya baca 1 buku lainnya Karya Bpk RONALD E. WALPOLE. Ok, daripada kelamaan, mending langsung aja ya kita mengenal statistika.

Di Buku Bpk. Bambang (B) & RONALD E. WALPOLE (R) Statistika itu dibedakan menjadi 2 yaitu Statistika Deskriptif dan Statistika Infersial.

Statistika Deskriptif adalah Serangkaian Teknik yang meliputi Teknik Pengumpulan, Penyajian dan peringkasan data. (B)
Statistika Deskriptif adalah Metode – metode yang berkaitan dengan pengumpulan data dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna (R)

oiya, yang perlu saya tambahkan bahwa Disini tertulis “peringkasan” bukan “kesimpulan” jadi Statistika Deskriptif tidak menark Inferensia atau kesimpulan apapun tentang gugus data induknyayang lebih besar.
Contoh dari Statistika Deskriptif adalah Table, Diagram, Grafik dan Besaran – bersaran lain di majalah atau koran koran. (CMIIW karena saya juga masih belajar).

Lanjut, ke Statistika Infersial.

Statistika Infersial adalah Serangkaian Teknik yang digunakan untuk mengkaji, menaksir dan mengambil keputusan sebagian data (Data Contoh / Sample) yang dipilih secara acakl dari seluruh data yang menjadi subjek kajian (Populasi) (B)

Statistika Infersial adalah Mencangkup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau kesimpulan mengenai keseluruhan gugus data induknya.

oiya, yang perlu saya tambahkan disini tertulis ” Ramalan (R)” dan ” Sample dari populasi (B) ” dari kedua kalimat ini sama – sama mempunyai arti yang tidak pasti. jadi bisa di tarik kesimpulan bahwa Statistika Infersial Selalu mempunyai sifat Tak Pasti. Kenapa demikian ?? ya karena itu hanya sebuah “Ramalan” dan itu hanya “sebagian Sample dari Populasi” gitu. Contohnya : ramalan cuaca (CMIIW yaa).

nah, untuk para kawan – kawan pembaca udah pada tau kan apa sih pengertian dari Statistika Deskriptif dan Statistika Infersial & kawan – kawan pembaca udah pada tau juga kan apa sih perbedaan dari Statistika Deskriptif dan Statistika Infersial.

>>> Populasi dan Sample

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s