Indonesia Gak Kaya Akan Budaya Saja

(ISD) PENDUDUK, MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

Indonesia kaya akan Budaya dan tradisinya. Budaya setiap daerah pasti akan berbeda, Tapi hal ini lah yang menjadi ciri khas negara kita. Negara indonesia bagaikan surga dunia yang kaya akan sumber daya manusia dan alamnya. Kita sebagai Rakyat indonesia patut bangga akan indonesia.

Penduduk adalah dasar terbentuknya negara. penduduk indonesia mempunyai satu misi yaitu memajukan indonesia. ada persamaan pasti juga ada perbedaan, contohnya perbedaan dalam berpendapat. hal ini syah-syah saja jika kita berbeda perdapat asalkan jangan ada percekcokan apa lagi pertikaian karena perbedaan itu.

gak cuma sekali dua kali perbedaan jadi sebuah alasan untuk Perpecahan. Indonesia kaya akan perbedaan, klo setiap perbedaan langsung berkelahi. mau jadi apa negara kita? oleh karena itu, kita harus bisa menghargai sebuah perbedaan yang muncul di masyarakat.

sekali lagi. jadi, Indonesia gak kaya akan sumber daya manusia, alam dan budaya saja. tapi Indonesia juga kaya akan permasalahan dan perbedaan.  jadi Masyarakat indonesia harus berfikir kritis dan tidak mudah tersinggung atas sebuah perkataan seseorang yang tidak sengaja menyinggung hati.

   

Pertumbuhan Penduduk ( yang tercakup didalamnya )
Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor yang penting dalam masalah sosial ekonomi umumnya dan masalah penduduk khususnya. Karena di samping berpengaruh terhadap jumlah dan komposisi penduduk juga akan berpengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi suatu daerah atau negara bahkan dunia.
Misal : dengan bertambahnya penduduk berarti pula harus bertambah pula persediaan bahan makanan, perumahan, kesempatan kerja, jumlah gedung sekolah dan sebagainya. Disamping itu apabila pertambahan penduduk tidak bisa diimbangi dengan pertambahan fasilitas di atas akan menimbulkan masalah – masalah. Misalnya akan bertambah tinggi angka pengangguran, semakin meningkatnya tingkat kemiskinan, banyak anak usia sekolah yang tidak tertampung serta timbulnya berbagai kejahatan atau kriminalitas lain.
Penambahan / pertambahan penduduk di suatu daerah atau negara pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor – faktor demografi sebagai berikut :

1. Kematian ( Mortalitas )

2. Kelahiran ( Fertilitas )3. Migrasi

Langkah – langkah seseorang migran dalam menentukan keputusannya untuk pindah ke daerah lain atau kawasan ( areal ) lain terlebih dahulu ingin mengetahui lebih dahulu faktor – faktor sebagai berikut :
– persediaan sumber alam
– lingkungan sosial budaya
– potensi ekonomi
– alat masa depan
Dengan mengetahui faktor – faktor di atas setidak – tidaknya terhindar dari rintangan akibat negatif. Di samping itu mereka juga memikirkan berbagai rintangan yang mungkin dihadapi selama proses migrasi.

Sumber :

Abu Ahmadi, Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: Bina Aksara, 1998.

Soelaeman, M. Munandar  Ilmu Sosial Dasar: Teori dan Konsep Ilmu Sosial

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s